Jumat, 11 Maret 2011

MENGENAL 5 MADZHAB

1. Mazhab Hanafi (Abu Hanifah An-nu’man bin tsabit ) keturunan persi
Lahir di Kufah pada tahun 80 H wafat di Baghdad 150 H. guru fikih beliau Syaikh Hammad bin Abi Sulaiman 120 H 01 Dari ulana inilah fikih berkembang yang berdasarkan qiyas. Kitab yang terkenal adalah kitab al-musnad.
Istimbath beliau sebagai berikut:
a. Kitabullah (Al-Qur’an)
b. Sunnah Rasulullah SAW. Dan Atsar-atsar yang shohih yang telah mansyhur di antara para ulama.
c. Fatwa-Fatwa Para sahabat
d. Qiyas
e. Istihsan
f. Adat dan Urf MAsyarakat

2. Mazhab Maliki (Abu Abdullah MAlik bin Anas al-Ashbahi) seorang yang terkenal di kota madinah, lahir tahun 93 H wafat tahun 179. guru beliau Rabi’ah ar-ra’yi, Az-Zuhri. Kitab yang pernah ditulis beliau adalah kitab Al-Muwaha’ menurut As-Suyithi penamaan kitab beliau berdasarkan karena beliau memaparkan hadist ke 70 ahli fikih di madinah, fikih yang diajarkan adalah berdasarkan Hadist.
a. Kitabullah (Al-Qur’an)
b. Sunnah Rasulullah yang di pandnag beliau shohih
c. Amal ulama madinah (ijma’ ahli madinah)
d. Qiyas
e. Maslahatul Mursalah atau istishab

3. Mazhab Syafi’I (Abu Abdullah Muhammad bin Idris bin al-Abbas bin Syafi’i) beliau lahiir di Ghazzah tinggal di suku Hudzail makkah pada tahun 150 H dan meninggal di Mesir pada tahun 204 . beliau seorang imam keliling yang suka mengadakan perlawatan2 pada mulanya beliau menjadi pengikut mazhab maliki. Akan tetapi perlawatan2 yang beliau lakukan serta pengalamannya nampak memberi pengaruh yang kuat kepada beliau untuk mengadakan suatu mazhab yang khusus. Dan lahir pula ulama mujtahid yaitu Achmad ibn Hambal yang pernah belajar kepada imam Syafi’I ketika tinggal di Baghdad. (Baghdad kemudian menjadi tempat lahirnya mazhab hambali) kitab beliau Ar-Risalah, Al-um, Al-Mabsuth.
a. Kitabullah (Al-Qur’an)
b. Sunnatur rasul.
c. Ijma’, ijma; menurut be;iau adalah “tidak diketahui ada perselisihan pada hukum yang dimaksud” Beliau berpendapat bahwa meyakini telah terjadi persesuaian, paham segala ulama tidak mungkin
d. Qiyas, beliau menolak dasar istihsan dan istihsan
e. istidlal
4. Mazhab Hambali (Abu Abdullah Ahmad bin Hambal as-Syaibani) lahir di Baghdad tahun 163 H.beliau wafat di Baghdad pada tahun 241 H. beliau sama halnya Imam Syafi’i Beliau seorang faqih dan ahli Hadist. Beliau termasuk sesudah athba’u at-tabi’in. guru beliau adalah imam Syafi’I .
Pada masa kholifah Al-wastiq berkuasa yang mengatakan Al-Qur’an adalah makhluk akan tetapi imam hambali membantah dengan tegas bahwa Al-Qur’an adalah bukan Makhluk. Karena beliau membantah maka beliau di penjara dan disiksa oleh kholifah Al-Wastiq.
a. Nash yakni Al-Qur’an dan marfu’ . Al-Imam Ahmad tidak pernah meninggalkan hadist meskipun ketetapan hadist itu berlawanan dengan faham orang banyak.
b. Fatwa-fatwa dahabat
c. Fatwa sahabat yang lebih dekat pada Al-Qur’an dan as-sunnah, jika fatwa itu berlawan.
d. Hadist Mursal dan Hadist Dloif (beliau maksudkan hadist dloif ialah hadist yang tidak sampai derajat shohih, bukan yang lemah benar)
e. Qiyas, beliau gunakan apabila secara berurutan dari a sampai d tidak ada maka digunakanlah qiyas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar